Bolehkah Wanita Hamil Mengecat Rambut?

Kate Middleton, istri Pangeran William dari Kerajaan Inggris yang tengah hamil lima bulan, mengecat rambutnya menjadi warna cokelat muda. Seberapa bahaya tindakan yang diambil wanita yang banyak menciptakan tren mode ini?

Menurut penjelasan ahli kesehatan dr. Raden Furqon, zat kimia yang terdapat pada cat rambut pada umumnya mengandung bahan penyebab kanker (carsinogenik) dan bahan berbahaya terhadap janin (terratogenik). Bahan-bahan ini juga terdapat pada cat kuku.

"Zat kimia tersebut di samping berbahaya bisa juga menimbulkan reaksi alergi bahkan bisa menimbulkan kematian," ujar alumni kedokteran Universitas Padjadjaran ini.

Dia memaparkan, efek terratogenik itu terjadi pada fase organogenesis (0-16 minggu). Fase organogenesis merupakan masa pembentukan organ pada janin dalam kandungan.

Jadi pada kasus Kate Middleton yang hamil lima bulan atau lebih dari 16 minggu itu, kata dr Furqon, sebenarnya penggunaan cat rambut aman. Dalam arti, tidak akan menimbulkan kelainan pada organ dalam janin.

Namun, ia tetap mengingatkan, sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan zat-zat kimia tadi. "Biar bagaimana pun, efek lainnya pada pertumbuhan bayi kelak belum diketahui," ujarnya.

Lebih lanjut dr. Furqon memaparkan, kulit kepala lebih mudah menyerap bahan-bahan berbahaya dibandingkan kulit tubuh lainnya, karena kulit kepala mengandung banyak pembuluh darah. 

Karena itu, pada ibu hamil, zat terratogenik lebih cepat menyerap lewat kulit yang banyak mengandung pembuluh darah seperti pada kulit kepala. Akibatnya bisa menimbulkan kelainan pada janin.


Bagaimana bila tetap ingin mengecat rambut?

Pria yang menyabet gelar dokter teladan pertama untuk tingkat nasional pada 2011 ini menyarankan:
1. Gunakan cat rambut yang aman, terutama bersifat alami (natural) tanpa zat kimia, seperti terbuat dari minyak zaitun.
2. Cari produk cat rambut yang memiliki izin resmi. Kendati keamananya pada wanita hamil tidak bisa dijamin, tapi legalitasnya tetap bisa dipertanggungjawabkan.
3. Hindari cat rambut yang mengandung Para Phenylenedediamine (PPD).
4. Pastikan usia kehamilan di atas lima bulan.
5. Periksa labelnya dengan teliti. Pastikan tidak ada larangan bagi wanita hamil.


Tags: ,
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts